Sabtu, 14 September 2013

Menyimak yang Luar Biasa dari “Jadilah Legenda”


Lihat laut dan indahnya ombak gemulainya pohon kelapa
para gadis yang mulai menari kibarkan merah putih
Untuk Indonesia kita punya semua
Sribu budaya dan  kekayaan alam yang takkan terkalahkan
Untuk Indonesia jadilah legenda, kita bisa dan percaya


Penggalan lirik diatas seperti menegaskan sekaligus mengigatkan kita bahwa kita harus bangga dengan apa yang kita punyai dan kita punya segalanya yang kita butuhkan . Lagu yang sangat cocok dengan jiwa pecinta alam, dan yang pasti bukan lagu mendayu-dayu melayu yang tak mendidik. Pengambaran pesan akan kondisi alam yang S.I.D visualkan dengan jelas pada video klip lagu jadilah legenda merupakan wujud cinta mereka pada Indonesia dan alamnya. Dalam video klip lagu tersebut diperlihatkan kondisi lingkungan Indonesia yang indah. S.I.D akhir-akhir ini memang sering membuat lagu-lagu bertemakan lingkungan, itu merupakan ekspresi kecemasan mereka terhadap pembangunan dan kondisi lingkungan yang semakin mengalami degradasi. Anda pasti tahu kondisi sekarang ini yang semakin sering saat ini kita dengar isu-isu lingkungan yang semakin berkembang (berkembang dalam artian memburuk). Global Warming, situs radioaktif sudah ada pada tataran yang membahayakan kehidupan. Alam dirusak secara membabi buta oleh manusia sendiri.

Saya juga menangkap pesan dari S.I.D ingin mengajak kita bertoleransi atas perbedaan yang ada di negara ini, terutama soal agama. Bhineka Tunggal Ika tidak hanya untuk dipajang dibawah kaki garuda. Saya rasa hanya mereka brandal yang peduli pada lingkungan, mau mengajak untuk bergerak melawan kemunafikan dan ingin membuat dunia lebih baik.

Superman Is Dead sedari dulu selalu menyuarakan toleransi di Indonesia entah melalui media musik ataupun yang lain, contohnya Jrx yang gencar menulis di media sosial tentang toleransi masyarakat kita. Saya akui saya menjadi cinta lingkungan adalah karena intimidasi mereka, mereka mengajarkan saya banyak hal dari mulai hal seremeh belanja dengan membawa tas agar mengurangi konsumsi kantong plastik yang butuh beratus-ratus tahun dalam tanah untuk dapat diurai atau tentang inspirasi dari aksi-aksi sosial yang mereka lakukan. Yang terbaru S.I.D dan beberapa rekan musisi di Bali menggelar konser bertajuk Bali Not For Sale untuk mengecam pembangunan dan eksploitasi lingkungan yang terjadi di Bali atas nama pariwisata. Konser ini dihelat pada 21 Agustus 2013 lalu dengan venue di area persawahan di kawasan Ubud, Bali.


Lagu Jadilah Legenda ini benar-benar membuka mata saya untuk terus memelihara keutuhan lingkungan. Kita punya tanah yang subur, pantai yang luas, sumber pangan yang tersedia dengan mudah (terlihat hamparan sawah menghijau sedang dipotret bli Eka). Superman Is Dead seperti mengajarkan saya apa yang sebenarnya kita miliki, potensi apa yang dapat kita selami. Jika saja banyak seniman ataupun musisi yang mengajak membangun seperti mereka, mungkin akan ada jalan untuk kemakmuran negara ini. Mungkin!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar