Selasa, 19 Februari 2013

Yang Saya Agungkan Sebelum Terlupa


"without music, life would be a mistake"
Friedrich Nietzche

Music is the great thing. Tak berlebihan rasanya kalimat tersebut, musik memang hal yang luar biasa. Saya melihat banyak orang mempesona dengan permainan musiknya. Dan saya tahu persis saya bukan bagian "orang mempesona" itu. sampai saat ini saya tak pernah bisa memainkan satu alat musik pun, mungkin karena saya tak pernah mendalami salah satunya. Saya pernah belajar main gitar, bass, seruling, dan satu hal yang pasti saya tak pernah mendalaminya. Belum punya passion dengan semua itu atau memang saya tak punya bakat musikalitas.

Dilain sisi musik sangat mempengaruhi hidup saya. Saya tumbuh bersama lagu-lagu Social Distortion, NOFX, My Chemical Romance, Superman Is Dead dan beberapa yang lain. Mereka mempengaruhi pemberontakan dalam diri saya. Sampai saat ini saya juga masih kagum dengan keenerjikan Mike Ness yang telah berusia 50an. Dia masih prima memainkan lagu-lagunya. Sama herannya saya dengan Fat Mike dengan semua tingkah gilanya dan gaya-gayanya yang aneh.

Dari kesemua band tersebut Social Distortion lah yang paling berjasa membentuk saya. Mengingat dulu ketika saya begitu terpassion dengan lagu yang berjudul When The Angels Sing dan berkali-kali mendengarnya. Saya berhenti mendengarkannya ketika hp saya rusak tertindih. Kemudian tidak dapat dinyalakan lagi. Sampai saat ini pun hp tersebut masih teronggok di laci. Dan di bawah ini saya mencoba membuat list lagu-lagu yang paling berpengaruh dalam diri saya

1.       Social Distortion - When The Angels Sing
Lagu ini menceritakan tentang kematian, Mike Ness membuat lagu ini ketika neneknya meninggal. Lagu yang lumayan kalem, namun masih menyiratkan kesan rock n roll karena suara serak Mike Ness.

2.       NOFX – Murder The Government
Ini lagu protes pertama yang saya dengar dan itu menemani beberapa tulisan saya yang mencoba menentang pemerintahan yang semakin shity. Lagu protes yang luar biasa berani dan dengan nyali yang tentunya bukan kacangan.
"I wanna see the constitution burn
Wanna watch the white house overturn
Wanna witness some blue blood bleed red"
Dengan gilanya lirik seperti itu mereka tulis dan diedarkan.

3.       Mike Ness – Ballad Of A Lonely Man
Proyek solo Mike Ness menelurkan satu album yang bertitel  Cheating At Solitare salah satu lagu didalamnya adalah Ballad Of A Lonely Man. Dengan irama mirip lagu-lagu koboi Amrik kita dibawa dibawa menyelami kisah seorang lelaki umur 21 tahun yang sedang mencari jati diri.

4.       Social Distortion – Angels Wings
Lagu berdurasi 4:28 ini ada dua versi. Acoustik dan asli, tapi saya lebih sering mendengarkan versi acoustiknya. Karena versi ini lebih easy listening. Jika menangkap liriknya saya menduga ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang menghadapi rintangan yang hebat  namun mereka tetap yakin untuk terus bersama. Dan Angels Wings akan membawa mereka pergi dari kesulitan itu.

5.       Superman Is Dead – Bad Bad Bad
Talenta lokal yang super keren ini juga masuk ke list saya. Saya pernah membaca pada salah satu note Jrx dan dia berkata "siapa bilang punk rock tidak boleh ngomong cinta?" pokoknya intinya begitu saya agak lupa persis kalimatnya. Dan di lagu ini seorang punk rock sedang patah hati, sedang terluka karena wanita. Lagu ini agak noise dan menunjukkan kemarahan.

6.       Creed – With Arms Wide Open
Sulit rasanya untuk tidak memasukkan band asal Florida ini. Saya sudah terkesima saat pertama kali dengar lagu ini. Suara Scott Stapp begitu menyentuh. Saya sering mendengarkan lagu ini sebelum tidur, lagu ini bisa disebut juga pengantar tidur yang baik bagi saya. Saya masih belum percaya band ini tetap kelihatan kalem meski memainkan lagu rock sekalipun dan pada tahun 2009 saya sangat senang ketika mendengar kabar band ini reuni termasuk Brian Marshall.

Inilah beberapa lagu yang mengiringi saya selama ini, mungkin nanti saya akan membuat list seperti ini lagi pada kesempatan lain, karena sejatinya masih ada beberapa lagu yang belum sempat tertulis disini.

Anjir saya tak dapat kesempatan main PES malam ini setelah H dan A begitu serius memainkan el-classico dan B tidur ngorok lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar